Berbagai Jenis Kertas yang Perlu Anda Tahu!

Sumber: https://www.freepik.com/premium-photo/office-table-with-colorful-paper-sheets_7310661.htm#query=Kinds%20of%20Paper&position=28&from_view=search&track=ais.


JAKARTA – Kertas menjadi salah satu kebutuhan banyak orang, terlebih untuk keperluan pendidikan dan perkantoran.

Tidak heran jika jumlah penggunaan kertas setiap harinya sangat besar. tingginya jumlah penggunaan kertas mendorong produksi industri kertas terus meningkat. 

Berbagai jenis-jenis kertas diproduksi untuk memenuhi kebutuhan.

Macam-macam Jenis Kertas
Produksi kertas yang beragam dipengaruhi oleh penggunaan kertas yang semakin meningkat. 

Anda bisa memilih jenis-jenis kertas sesuai kebutuhan. Agar tidak bingung, berikut penjelasan tentang berbagai macam kertas serta kegunaannya:

1. Art Carton

Jenis kertas yang bertama ini hampir sama dengan art paper, namun lebih tebal. Dengan ketebalannya tersebut, kertas ini sering digunakan sebagai sampul majalan, katalog, serta buku-buku dengan kualitas tinggi lainnya. 

2. Ivory 

Kertas jenis ini memiliki ciri berupa kedua sisinya memiliki warna yang berbeda. ciri ini tentunya berbeda dari jenis kertas lainnya. Salah satu sisi permukaan dari kertas ivory ini memiliki tampilan mengkilap, sedangkan sisi lainnya lebih redup. Kertas Jenis ivory ini umumnya digunakan untuk paper bag, atau tas souvenir. 

3. Mat Paper

Permukaan jenis kertas ini tidak berkilau dan terlihat redup. Kertas ini memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap tinta. Umumnya, kertas ini digunakan pada majalan sebagai bagian isi dari majalan tersebut. 

4. Linen Jepang

Kertas linen Jepang ini terlihat lebih redup serta memiliki permukaan kasar. Pada umumnya jenis kertas ini dimanfaatkan untuk kertas sertifikat serta dokumen penting lainnya. 

5. HVS

Kertas jenis ini merupakan kertas paling umum dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik untuk kegiatan printing, fotokopi, dan masih banyak lagi. kertas HVS biasanya tersedia di perkantoran. Ciri utama dari kertas HVS adalah berwarna putih bersih serta permukaannya kesat dengan sedikit kasar. Bobot dari kertas jenis ini umumnya 80 gsm hingga 100 gsm. 

Salah satu merek kertas HVS yang bisa Anda beli adalah Paper One yang bisa didapatkan di Blibli. Selain HVS, Paper One juga terdiri dari berbagai ukuran dan ketebalan. Selain mudah, membeli kertas di Blibli juga akan dan cepat. 

6. Buram

Kertas buram sebenarnya merupakan jenis kertas daur ulang. Dari segi warna pastinya kertas buram lebih redup dibandingkan kertas HVS. Umumnya kertas buram hanya digunakan sementara. 

Anda bisa menemukan jenis kertas buram ini di surat kabar serta beberapa buku dengan harga murah. Selain itu, kertas buram juga bisa dipakai sebagai kertas coret-coret untuk perhitungan matematika di sekolah.

7. Art Paper

Art paper merupakan jenis kertas yang berwarna putih dan terlihat berkilau.
 Permukaan dari kertas ini tergolong halus dan licin. Akan tetapi kertas ini tidak cocok dipakai untuk menulis. Kertas art paper umumnya digunakan untuk flyer, katalog, dan voucher. 

8. NCR

Fisik dari kertas ini hampir sama dengan HVS, namun pilihan warnanya lebih lama. Biasanya kertas NCR dipakai untuk kertas buku nota, bukti transaksi, atau kwitansi. 

9. Manila

Kertas ini secara fisik hampir sama dengan BW carton. Selain itu, fungsinya juga sama dengan BW carton.akan tetapi, kertas manila memiliki kelebihan berupa banyaknya pilihan warna yang menarik. 

10. Duplex

Kertas duplex digunakan sebagai pembungkus makanan. Secara fisik, kertas ini cukup tebal serta aman untuk membungkus makanan. 
Demikian penjelasan tentang jenis-jenis kertas serta kegunaannya. Mengetahui jenis kertas serta kegunaannya dapat meminimalisir kesalahan saat membeli kertas. Pastikan Anda membeli kertas yang sesuai dengan kegunaannya. (*)
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini