Gadget Game Aplikasi Otomotif Laptop Handphone Internet Kamera Tips

Cara Update Ke Windows 11 Gratis Dan Mudah

 Upgrade dari windows 10 ke windows 11


Peluncuran atau release date Windows 11 kabarnya akan mulai didistribusikan secara resmi melalui Windows Update pada musim gugur tahun ini, atau sekitar bulan Agustus – November tahun ini. Dan tentunya itu sesuai dengan apa yang dikatakan sebelumnya, dimana para Insider pastinya akan segera dapat mencoba versi baru ini


Meskipun direncanakan akan mulai didistribusikan akhir tahun ini, namun perlu diketahui bahwa perilisan mungkin akan dilakukan secara bertahap hingga Windows 11 akan tersedia untuk seluruh pengguna pada tahun 2022 nanti. Hal ini tentu saja karena masalah dukungan hardware dan sejumlah permasalahan lain yang membuat perilisan akan dilakukan secara bertahap.


Nah untuk kalian yang tidak sabar ingin segera migrasi dari windows lama ke windows 11, kamu bisa ikuti pada totorial di bawah ini. Ada dua cara melakukan upgrade windows lama ke windows 11. Dua cara tersebut yaitu:


Cara Upgrade Windows Lama Ke Windows 11


1. Update Windows 11 Menggunakan Install Manual


Untuk cara yang pertama ini, kamu harus melakukan download file iso windows 11 terlebih dahulu di situs resmi microsoft. Dan selanjutnya kamu buat bootable installasi terlebih dahulu menggunakan dvd ataupun flashdisk. Cara membuat bootable install ulang sendiri dapat menggunakan beberapa tools, untuk contohnya the cadaz akan menjelaskan cara membuatnya menggunakan tools yang bernama rufus.


Baca Juga:


Disini, anggap saja kamu sudah download file iso windows 11, dan yang harus kamu lakukan selanjutnya yaitu mendownload rufus dan install terlebih dahulu di komputer atau laptop kamu untuk proses membuat bootable windows 11. Untuk cara membuatnya, kamu dapat ikuti step dibawah ini.

  • Pertama, tancapkan flasdisk kosong ke laptop kamu, dan usahakan minimal berkapasitas 8 GB.
  • Kedua, buka aplikasi rufus yang sudah kamu install tadi.
  • Setelah terbuka, maka nama flasdisk kamu akan muncul di bagian atas aplikasi tersebut yang menandakan flashdisk siap digunakan untuk membuat bootble windows 11.
  • Kemudian, pada menu "boot sellection" , arahkan ke file iso windows 11 yang sudah kamu download tadi seperti gambar dibawah ini.



  • Setelah kamu menemukan file nya, silahkan kamu klik file tersebut dan kemudian klik menu select



  • Tahap selanjutnya, silahkan isi semua menu yang disediakan di aplikasi tersebut sebagai berikut. Untuk menu "Partition sheme", silahkan kamu ubah dari MBR menjadi GPT. Untuk menu "Target system" kamu ubak ke UEFI(non CSM). Kemudian di bagian Volume Label, isilah dengan nama sesuka kalian. Di menu "File System" kamu pilih yang NTFS. Dan terakhir di menu "Cluster size" biarkan default.
  • Setelah kamu isi semuanya, klik tombol start pada rufus dan jika ada peringatan, lanjutkan dengan meng klik OK.


  • Kemudian tunggu prosesnya beberapa saat. Jika telah selesai, maka akan ada tulisan PASS pada aplikasi rufus tersebut dan flasdisk sudah terisi file bootable windows yang siap untuk kamu gunakan untuk melakukan upgrade dari windows 10 ke windows 11.

2. Cara Update Windows 10 Ke Windows 11 Melalui Windows Update

Cara mrndapatkan windows 11 yang krdua ini akan kita lakukan dengan cara menggunakan fitur windows update melalui pengaturan komputer atau laptop. Untuk melalukanya, silahkan kamu buka Setting > Update & Security > Windows Update. Setelah itu kamu klik check for update.

Jika ada pemberitahuan update windows 11, maka silahkan kamu download pembaruan tersebut dan setelah download selesai, maka laptop kamu akan otomatis melakukan upgrade OS dari windows 10 menjadi windows 11. Namun jika tidak ada pemberitahuan upgrade untuk windows 11, berarti kamu harus sabar menunggu hingga update windows 11 tersedia untuk laptopmu.

Akan tetapi jika kamu tidak sabar ingin segera mencoba kecanggihan dan kelebihan windows 11, maka kamu dapat menggunakan cara pertama diatas tadi.

3. Upgrade Windows 11 Gratis Dari Microsoft

Kemudian bagi kamu yang sudah berhasil migrasi dari windows 10 ke windows 11, maka kamu tidak perlu membeli lisensi windows 11. Itu karena lisensi di windows lama kamu akan dapat digunakan pada windows 11 dengan catatan lisensi windows yang kamu gunakan sebelumnya adalah lisensi original.

Cukup sekian penjelasan cara mudah update windows 11 di laptop. Semoga dapat membantu kamu yang sedang ingin upgrade laptopnya dengan OS terbaru ini. Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Back Next
close