Apa Yang Harus Dilakukan Jika Ponsel Cerdas Anda Tidak Mengisi Daya?

1. Periksa soket, kabel, dan adaptor daya

Pertama, pastikan bahwa muatan masuk ke telepon. Goyangkan steker adaptor untuk koneksi yang aman, sambungkan perangkat secara langsung tanpa splitter atau adaptor, dan periksa apakah peralatan listrik lain berfungsi dari stopkontak ini.

Gambar: Bantuan BNK / YouTube
Untuk memeriksa adaptor, cukup sambungkan gadget lain ke adaptor dan pastikan sedang diisi dayanya. Jika tidak ada hasil, ambil blok lain yang diketahui baik dan lihat apakah situasinya berubah. Jika memungkinkan, gunakan hanya adaptor asli atau analog berkualitas tinggi dari produsen pihak ketiga.

Untuk menguji kabel, periksa dengan cermat apakah ada kerusakan eksternal, lalu coba sambungkan juga beberapa perangkat lain ke kabel tersebut atau ganti kabel itu sendiri.

Coba kombinasi outlet, adaptor, dan kabel yang berbeda. Anda juga dapat mencoba mengubah sumber daya dengan menghubungkan ponsel cerdas Anda ke komputer .


2. Coba pengisian nirkabel

Gambar: Techodissey/YouTube
Jika perangkat Anda mendukung pengisian nirkabel, maka Anda dapat menghilangkan masalah dengan adaptor dan kabel hanya dengan mencoba mengisi daya gadget dengan cara ini. 

Jangan lupa untuk melepas penutup agar tidak ada yang mengganggu induksi.

3. Nyalakan ulang ponsel Anda

Jika gadget tidak sepenuhnya kosong, coba mulai ulang. Prosedur ini mengosongkan memori, memulai ulang proses sistem, dan sering kali menyelesaikan banyak masalah yang disebabkan oleh kerusakan perangkat lunak - termasuk tidak mengisi daya.

Sampul: MosayMay / Shutterstock
Untuk memulai ulang iPhone Anda, tekan dan lepaskan tombol volume atas dan bawah dengan cepat secara bergantian, lalu tekan dan tahan tombol samping hingga logo Apple muncul, abaikan penggeser matikan. Untuk informasi tentang cara memulai ulang model iPhone dengan tombol Utama, baca artikel terpisah .

Untuk me-restart smartphone Android, tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan hingga layar mati dan muncul logo OS atau pabrikan. Dalam beberapa model, cukup dengan menahan tombol daya, lalu pilih item "Reboot" di menu yang muncul.

4. Pastikan ponsel tidak terlalu panas

Peningkatan pemanasan gadget tidak hanya mengurangi kinerjanya, tetapi juga mengarah pada fakta bahwa perangkat berhenti mengisi daya. Jika Anda tidak dapat menghidupkan ponsel setelah sesi atau streaming game yang lama, coba tutup aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya, lepaskan casing dan tunggu beberapa saat hingga casing menjadi dingin. Kemudian Anda dapat mengisi daya gadget kembali.

5. Periksa kelembapan

Elektronik dan air adalah hal yang tidak cocok. Oleh karena itu, meskipun ponsel Anda tahan air, tetesan cairan yang masuk ke konektor dapat menyebabkan pengisian daya terhambat karena alasan keamanan.

Perhatikan baik-baik pelabuhan. Jika ada partikel air di dalamnya, coba tiup perlahan dengan udara bertekanan, atau biarkan uap air menguap secara alami, biarkan perangkat selama beberapa jam.

6. Bersihkan konektor dari kotoran

Debu, serat, dan kotoran menumpuk seiring waktu di dalam semua lubang dan konektor. Ini mengarah pada fakta bahwa kabel mungkin tidak sepenuhnya dimasukkan ke dalam port, yang, pada gilirannya, memutus kontak dan telepon tidak mengisi daya.

Sorotkan senter ke lubang pengisian dan, jika kotoran menumpuk di sana, keluarkan perlahan dengan tusuk gigi atau sikat gigi. Jangan gunakan jarum , klip kertas, atau benda logam lainnya yang dapat menyebabkan korsleting.

7. Instal pembaruan yang tersedia

Pembaruan sistem, yang dirilis secara berkala oleh produsen, menyelesaikan berbagai masalah, termasuk kurangnya pengisian daya. Jika ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia, coba instal.

Untuk melakukan ini, di iPhone, buka "Pengaturan" → "Umum" → "Pembaruan Sistem". Pada ponsel pintar Android, buka "Pengaturan" → "Sistem" → "Pembaruan Sistem". Setelah itu, unduh versi OS terbaru.

8. Coba isi daya dalam mode aman (untuk smartphone Android)

Jika masalah daya disebabkan oleh beberapa perangkat lunak pihak ketiga, maka ini mudah ditentukan dengan mem-boot ponsel Android Anda dalam mode aman. Ini adalah keadaan khusus perangkat, di mana hanya proses sistem dan layanan minimum yang diperlukan yang berjalan.

Untuk beralih ke sana, tahan tombol daya hingga dialog shutdown ponsel cerdas muncul, lalu ketuk lama pada item "Matikan". Setelah itu, Anda akan diminta untuk membuka safe mode. Klik OK dan tunggu unduhan. Ini akan mengatakan " Safe Mode " di bagian bawah layar.

Hubungkan kabel dan periksa - jika telepon sedang diisi, maka masalahnya pasti ada di salah satu aplikasi yang baru saja diinstal. Nyalakan ulang perangkat untuk kembali ke mode normal, lalu satu per satu hapus program terbaru dan uji proses pengisian ulang.

9. Lakukan reset pabrik

Untuk sepenuhnya menghilangkan masalah perangkat lunak di telepon, yang tersisa hanyalah melakukan reset pabrik. Ini akan menghapus semua data sepenuhnya, jadi Anda harus terlebih dahulu membuat salinan cadangan atau mentransfer foto, video, dan informasi lainnya secara manual.

Untuk mengatur ulang iPhone Anda, buka "Pengaturan" → "Umum" → "Reset" → "Hapus konten dan pengaturan" dan konfirmasikan tindakannya. Pada smartphone Android, buka Pengaturan → Sistem → Reset Pabrik, lalu pilih Hapus Semua Data dan tekan tombol Reset Telepon untuk mengonfirmasi.

10. Hubungi pusat layanan
Jika tidak ada tips di atas yang membantu, kemungkinan besar masalahnya ada pada perangkat keras. Masalah seperti itu lebih serius, terletak lebih dalam dan membutuhkan intervensi profesional yang berpengalaman. Dalam hal ini, lebih baik menghubungi pusat layanan untuk mendapatkan bantuan.(*)

Berita ini telah ditayangkan di BorneoTribun dengan Judul Apa Yang Harus Dilakukan Jika Ponsel Cerdas Anda Tidak Mengisi Daya?, Link: https://www.borneotribun.com/2022/09/apa-yang-harus-dilakukan-jika-ponsel.html
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini