Gadget Game Aplikasi Otomotif Laptop Handphone Internet Kamera Tips

8 Cara Merawat Smartwatch agar Awet dan Tahan Lama

8 Cara Merawat Smartwatch agar Awet dan Tahan Lama
Sumber: pixabay.com


Borneo Tribun, Tekno -- Jam tangan bukan hanya sebagai penunjuk waktu, tapi juga sebuah fashion item yang mendukung penampilan jadi semakin keren. Macam-macam jam tangan sendiri ada beragam, salah satunya smartwatch. Cara merawat smartwatch yang tepat dapat membuatnya lebih awet.


Seperti namanya, smartwatch mempunyai banyak keunggulan. Selain sebagai penunjuk waktu, fungsinya juga bisa untuk alat navigasi, panggilan seperti HP, sumber hiburan dan lainnya. Soal harga, jenis yang berkualitas dibanderol cukup mahal. Namun sesuai dengan bahan dan kegunaannya.  


Cara Merawat Smartwatch Agar Awet

Bagaimana cara merawat smartwatch agar tetap awet? Ternyata cukup mudah. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah bahan dan fiturnya. Beberapa bahan tidak tahan dengan air sehingga tidak bisa mencucinya secara langsung. Ada yang mempunyai fitur tahan goncangan dan tetap aman meski untuk kegiatan di alam. 


Selain karena fungsinya, banyak yang tertarik menggunakan smartwatch berdasarkan tampilannya. Sayang sekali jika keindahan dan fungsinya harus hilang karena perawatan yang tidak tepat. Ingin koleksi Anda awet, lakukan tips berikut!


1. Perhatikan Baterainya

Baterai merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Meski kondisi smartwatch masih sangat bagus, jika baterainya rusak dan belum diganti maka tidak akan dapat berfungsi.


Seperti smartphone, smartwatch mempunyai sistem baterai reusable, atau pengisian daya dengan cara di-charge. Pada saat mengisi daya, lakukan dengan benar. Jangan biarkan baterai dalam kondisi benar-benar kosong karena menyebabkan tidak awet.


Sebaliknya, segera lepas kabel pengisian setelah penuh membiar. Membiarkan baterai tetap terhubung dengan sumber listrik ketika daya penuh akan membuatnya cepat rusak.


Satu-satunya cara mengatasi dengan menggantinya. Tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Cara menyalakan smartwatch yang tepat juga bisa memperpanjang usia pemakaian jam tersebut.


2. Gunakan Pelindung Layar

Fungsi layar pada smartwatch, seperti pada smartphone touch screen. Jaga jangan sampai tergores. Jika hal ini sampai terjadi, bukan hanya mengurangi keindahannya tetapi fungsinya dapat berkurang. Layar tidak responsif lagi sehingga performanya kurang maksimal.


Pelindung layar untuk smartwatch bermacam-macam. Pilihlah yang berkualitas sehingga dapat benar-benar memberi perlindungan. Cara merawat smartwatch yang maksimal, sebaiknya cek secara berkala. Pelindung bukan aksesoris, meski masih bagus, jika kurang maksimal maka harus segera ganti.


3. Pasang Casing

Jika pelindung layar berfungsi melindungi bagian sensitif dari smartwatch, casing gunanya untuk menjaga bodi jam tetap bagus. Kotor dan goresan dapat mengurangi nilai estetik smartwatch kesayangan. Casing dapat melindunginya sehingga lebih awet dan tetap dalam kondisi bagus.


4. Jangan Biarkan Kotor

Selama pemakaian, Anda tidak dapat menjaga jam untuk selalu bersih. Kotor berupa percikan air, debu, sisa makanan yang terjatuh dan lainnya dapat mengurangi keindahan smartwatch. Bersihkan segera.


Gunakan bahan pembersih yang tepat. Untuk bagian layar, gunakan lap berbahan fiber. Jangan memercikan air untuk membersihkannya, cukup dengan mengelapnya secara lembut.


Meski banyak dijumpai pembersih layar, namun belum tentu cocok untuk koleksi smartwatch Anda. Perhatikan baik-baik, jangan sampai penggunaan pembersih justru menyebabkan kerusakan.


5. Bersihkan Strap Sesuai Bahan

Strap atau tali smartwatch merupakan bagian yang langsung bersinggungan dengan kulit tangan. Bagian ini cepat sekali terkena kotor. Bersihkan sesuai dengan bahannya. Jangan gunakan air untuk membersihkan strap yang terbuat dari bahan kulit, cukup lap dengan kain bersih.


Anda dapat perendam strap berbahan stainless steel menggunakan air hangat bercampur deterjen. Namun harus sangat hati-hati. jangan sampai bodi jam ikut terendam. Setelah merendamnya, gosok menggunakan sikat lembut dan keringkan segera dengan lap agar tidak ada noda tertinggal.


6. Jangan Simpan di Tempat Lembab

Sebagaimana perangkat elektronik lainnya, lembab merupakan masalah yang dapat merusak penampilan dan fungsinya. Jangan pernah menyimpan smartwatch di tempat yang lembab. Periksa secara berkala dan segera pindahkan jika terdapat noda jamur di sekitar tempat penyimpanan.


Menggunakan box atau kotak pembungkus yang diperoleh pada saat membelinya bisa menjadi alternatif. Dengan penyimpanan yang benar, bukan hanya tampilannya saja yang tetap keren, smartwatch koleksi Anda akan menjadi awet dan berfungsi dengan baik.


7. Gunakan Cotton Bud untuk Membersihkan Konektor

Beberapa bagian seperti pada konektor dan celah antara body dengan penutup jam cukup sulit untuk dibersihkan dengan lap fiber. Bahkan pada saat mengelapnya bisa jadi justru membuat kotoran masuk dan semakin susah untuk membersihkannya.


Anda dapat menggunakan cotton bud untuk menjangkau bagian tersebut. Putar-putar beberapa saat dan kotoran akan dengan mudah terangkat. Lakukan beberapa kali sampai semua bagian bersih kembali.


8. Kunjungi Service Center Resmi

Ketika menggunakannya, bisa saja smartwatch mengalami kerusakan atau Anda perlu mengganti strap dengan yang lebih bagus. Jangan sembarangan memilih tempat service. Jika ingin memperbaiki koleksi Anda, bawa ke service smartwatch yang resmi.


Mempunyai koleksi smartwatch yang bagus dan awet tentu menjadi keinginan semua orang. Untuk mendapatkan produk berkualitas, tidak salah jika Anda memilih koleksi dari brand ternama. Meski harganya lebih mahal namun tahan lama.


Sebagai pilihan, Anda dapat mengoleksi smartwatch keluaran Apple Watch SE yang terbukti awet dan tahan lama. Anda bisa mendapatkan koleksi smartwatch dengan model terbaru di Blibli.


Selain berkualitas, Blibli menyediakan berbagai jam dengan harga yang pantas. Untuk mendapatkan koleksi tersebut juga mudah. Cukup dengan membuka aplikasi, memilih dan membayarnya, maka produk terbaik akan dikirim sampai ke rumah Anda.


Cara merawat smartwatch yang tepat dapat membuatnya awet dan tetap terlihat bagus. pastikan Anda selalu membersihkan dan mengecek kondisinya secara berkala. Jika terjadi kerusakan, segera bawa ke service center resmi untuk mendapat penanganan yang tepat.


(YK/DG)

Tinggalkan Komentar

Lebih baru Next
close