Gadget Game Aplikasi Otomotif Laptop Handphone Internet Kamera Tips

Cara Mengaktifkan 5G Telkomsel di Smartphone

Cara mengaktifkan 5g telkomsel

jaringan 5G telkomsel sedang gencar gencarna hingga saat ini masih menjadi perbincangan hangat. Mulai dari yang mencari seberapa kecepatan 5G telkomsel hingga yang mencari tahu bagaimana mengaktifkan 5G telkomsel.

Seperti yang telah diketahui, PT. Telekomunikasi Selular Telkomsel, telah menjadi operator pertama yang tawarkan jaringan berkecepatan tinggi 5G pertama diIndonesia.

Namun hingga saat ini, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan jaringan 5G Telkomsel ini. Untuk dapat nikmati layanan 5G Telkomsel, ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi oleh pelanggan yang ingin mencoba kecepatan 5G telkomsel. Pada artikel ini akan dibahas cara dan syarat mengaktifkan jaringan 5G tersebut.

1. Gunakan Kartu uSIM Atau Simcard 4G

Agar dapat menikmati jaringan super cepat ini, pastikan kamu sudah memakai kartu sim dengan tipe uSIM. Perlu kamu ingat bahwa saat ini nomor ponsel beberapa pelanggan telkomsel telah di aktifkan fitur jaringan 5G secara otomatis, dan itu akan bertambah dalam bertahap seiring jaringan 5G telkomsel ini diperluas 

Pengguna kartu telkomselpun bisa langsung mengunjungi situs www.telkomsel.com/5G untuk melakukan pengisian form pendaftaran aktivasi fitur jaringan 5G untuk nomor yang dimilikinya, sekaligus agar memberi aspirasi untuk bahan pertimbangan telkomsel dalam perkembangan jaringan 5G nya kedepan.

Baca Juga:

2. Berada Pada Lokasi Jaringan 5G Telkomsel

Awal mulanya, layanan jaringan telkomsel 5G hadir, mereka baru ada di 9 kota yang dapat mengakses layanan ini. Namun seiring waktu, jaringan Telkomsel 5G di perluas ke beberapa kota di indonesia.

Kota-kota yang dapat menikmati layanan 5G Telkomsel ini dia ntaranya adalah wilayah:
  • Jakarta ( Pantai indah kapuk jakarta utara, Telkomsel Smart Office, Pondok Indah dan  dan wilayah Widya Chandra di Jakarta Selatan)
  • Tangerang Selatan (  Alam Sutera dan Bumi Serpong Damai )
  • Jawa Barat ( Telkom University dan Institut Teknologi Bandung ).
  • Beberapa diantaranya juga ada di Balikpapan, Medan, Surakarta, Surabaya, denpasar, Bandung, Batam, dan makasar.

Selain itu, layanan 5G Telkomsel pun tersedia di GraPARI Bandara Soekarno Hatta, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Pemuda Surabaya,  GraPARI Renon Bali, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, GraPARI Batam Center, Kantor Balai Kota Solo, serta di GraPARI Balikpapan.

3. Menggunakan Hp 5G

Selanjutnya, agar bisa menikmati 5G Telkomsel, kamu diharuskan sudah menggunakan ponsel yang sudah mendukung 5G. Akan tetapi perlu di ingat, kamu harus terlebih dahulu memastikan apakah fitur ponsel 5G yang tertanam diperangkat kamu sudah bisa di gunakan atau masih dalam keadaan ter unlock.

Sebelumnya telah di jelaskan bahwa smartphone yang telah mendukung jaringan Telkomsel 5G ialah smartphone yang sudah memiliki kemampuan teknologi 5G NSA atau yang disebut "non-standalone" di frekuensi 2.300 MHz. Smartphone yang saat ini mendukungnya diantaranya yaitu Oppo Reno5 5G, Galaxy s20 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60, Galaxy A51 5G, Vivo X60 Pro, Galaxy note 20 5G, Oppo Find X3 Pro 5G dan Realme 8 5G.

4. Pastikan Nomor Hp Sudah Ter aktivasi 5G

Apabila semua langkah diatas telah di lakukan, maka yang terakhir perlu kamu lakukan adalah pastikan lagi apakah sim card di nomor hp kamu sudah berhasil terdaftar pada layanan 5G Telkomsel. Jika sudah terdaftar biasanya akan ditandai pada indikator jaringan yang terletak pada bagian atas layar smartphone.

Sebagai tambahan informasi, seluruh pengguna ponsel 5G harus lakukan unlock pada ponselnya masing masing supaya dapat tersambung ke jaringan 5G telkomsel. Untuk melakukan Unlock biasanya di lakukan melalui OTA (Over The Air) untuk memperbarui perangkat lunak ponselnya.

Namun jika kamu ragu melakukan unlock sendiri pada smartphone milikmu, sebaiknya kamu kunjungi layanan merk ponsel yang kamu gunakan, dan bukan melalui layanan GraPARI telkomsel.

Demikin ulasan cara menikmati dan cara aktifkan 5G telkomsel yang mungkin dapat membantu kamu agar dapat menikmati jaringan baru yang berkecepatan tinggi.

Tinggalkan Komentar

Back Next
close