Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Kena Tipu

Tips aman saat belanja online

Belanja online adalah hal yang sedang menjadi trends berkat kemajuan teknologi yang semakin berkembang pada masa sekarang ini. Berbagai barang pun bisa dengan mudah dibeli kapanpun dimanapun mulai dari pakaian, makanan hingga barang-barang elektronik. Namun dibalik semua itu, ada segelintir orang yang memanfaatkan situasi ini dengan cara melakukan penipuan dalam penjualanya.

Oleh karena itu, kita sebagai pembeli harus jeli cara bertransaksi dalam pembelian barang secara online ini. Adapun tips cara aman melakukan pembelian online agar tidak tertipu, diantaranya sebagai berukut.

1. Belanja Online Di market Place Resmi


Jika kamu mau melakukan perbelanjaan secara online, sangat direkomendasikan supaya membeli barang barang di market place seperti shoppe, lazada, tokopedia dan market place lain yang terpercaya. Sebab, pada market place tersebut, dana kamu tidak langsung diterima oleh si penjual sampai barang yang kamu pesan benar-benar sampai ditangan kamu.

Dengan market place, kamu juga bisa melakukan komplain jika barang belanjaan kamu rusak pada waktu pengiriman ataupun barang yang kamu pesan tidak sesuai harapkan.

2. Hati-Hati Belanja Online Di media Sosial


Melakukan pembelian secara online di media sosial seperti facebook, twitter ataupun instagram sebenarnya sangat rawan terkena penipuan. Sebab, membuat akun medsos abal abal untuk tujuan penipuan sangatlah mudah. Jadi kamu harus ekatra hati hati dalam membeli melalui media sosial.

agar aman, amatilah akun yang yang melakukan penjualan tersebut apakah umur akun tersebut sudah lama ataukah tergolong akun masih akun baru. jika akun baru, kamu wajib curiga karena bisa saja orang tersebut membuat akun hanya untuk melakukan penipuan saja.

3. Gunakan Jasa Rekber


menggunakan jasa rekber merupakan solusi agar transaksi pembelian online kamu aman. Sebab dengan menggunakan jasa rekber, uang kamu tidak akan sampai ke tangan si penjual hingga barang yang kamu beli sampai di tangan kamu. Jasa rekber ini berfungsi jika kamu membeli barang online diluar market place.

Lalu apakah si yang disebut rekber itu? rekber merupakan jasa pihak ketiga yang berada di tengah tengah antara penjual dan pembeli. contoh, A akan membeli barang secara online kepada si B, lalu si C menjadi tempat penampungan dana sementara hingga transaksi si A dan si B benar benar selesai tanpa masalah baru kemudian si C akan memberikan uangnya ke si B.
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini