Cara Kerja Asuransi Rumah yang Perlu Kita Ketahui

Berbicara mengenai asuransi rumah, asuransi rumah merupakan hal yang penting untuk dimiliki setiap keluarga. Asuransi rumah merupakan sesuatu yang memberi jaminan kepada rumah tempat tinggal anda termasuk isi di dalam rumah juga mendapat jaminan. Rumah merupakan sebuah asset yang sangat penting. Oleh karena itu asuransi rumah sangat penting apabila terjadi kebakaran atau pun missal pencurian.

asuransi rumah

 

Sebelumnya kami ingin mengingatkan, jika anda ingin membeli asuransi rumah pastikan anda membaca polis. Setidaknya baca pada bagian apa saja yang ditanggung, definisi pertanggungan dan apa saja yang menyebabkan proteksi berakhir.

Mengenal Sistem Asuransi Rumah

Jangan gunakan asumsi pribadi, karena kontrak asuransi bersifat legal secara hukum dan tertulis hitam di atas putih. Jika terjadi permasalahan atau sengketa dikemudian hari, perusahaan asuransi, pengadilan dan kuasa hukum anda akan membahas berdasarkan perjanjian yang tertulis dalam kontrak atau polis.

Di Indonesia terdapat dua jenis asuransi rumah tinggal, yakni asuransi kebakaran dan asuransi property all risk. Berikut merupakan hal yang tercantum dalam asuransi kebakaran :

  • Risiko kebakaran merupakan kerusakan rumah yang disebabkan  dan diakibatkan oleh ketidak hati – hatian tertanggung, menjalarnya api, hubungan arus pendek, dan juga kebakaran yang disebabkan oleh benda lainnya.
  • Risiko kerusakan rumah karena petir yang menyebabkan kerusakan langsung. Termasuk menjamin mesin listrik, peralatan listrik, atau elektronik listrik yang lain yang terbakar karena petir.
  • Risiko kerusakan rumah karena ledakan yang berasal dari harta benda yang dijamin pada polis ini.
  • Risiko kerusakan rumah karena kejatuhan pesawat terbang yang menimpa harta benda di dalam rumah tersebut.
  • Risiko kerusakan rumah karena asap yang juga berasal dari kebakaran harta yang dijamin polis.

Berikut ini merupakan hal – hal yang tercantum dalam asuransi property all risk :

  • Risiko pencurian, memberikan jaminan atas kerugian dikarenakan kehilangan harta benda yang berada di dalam rumah tersebut.
  • Risiko kerusakan akibat perbuatan jahat, sama dengan kasus pencurian dengan memberikan jaminan kerugian atas benda – benda rumah akibat dari perbuatan jahat.
  • Risiko Kebongkaran, yang memberikan jaminan harta benda di dalam rumah yang hilang atau rusak akibat pembongkaran atau pencurian secara paksa dan/atau dengan kekerasan.      

Tanggung jawab terhadap pihak ketiga, memberikan jaminan kerugian cedera badan atau kerusakan harta benda pada pihak ketiga atas kecelakaan yang terjadi secara tidak disengaja di dalam rumah ataupun pekarangan tertanggung. Pihak ketiga yang dimaksud adalah orang yang bukan anggota keluarga atau karyawan perusahaan anda.

Kecelakaan dan Kerusakan Rumah

Kecelakaan diri 24 jam, memberikan santunan atas kematian atau cacat tetap keseluruhan yang disebabkan suatu kecelakaan dimana pun, kapan pun dan akibat apa pun.      

Kecelakaan diri karena kebakaran, memberikan santunan atas kematian atau cacat tetap keseluruhan yang diakibatkan oleh risiko kebakaran.

Kerusakan rumah karena tertabrak kendaraan, memberikan jaminan atas kerugian yang disebabkan oleh benturan fisik terhadap bangunan, yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor yang dimaksud adalah mobil atau motor yang bukan milik tertanggung atau anggota keluarga.

Biaya Tanggungan terhadap Asuransi

Biaya pengobatan akibat kebakaran memberikan penggantian biaya medis dan/atau pengobatan karena terjadinya risiko kebakaran.

Biaya regu pemadam kebakaran, memberikan penggantian biaya regu pemadam kebakaran untuk mengurangi menjalarnya.

Biaya uang sewa rumah, memberikan penggantian biaya uang sewa untuk tempat tinggal sementara, selama masa perbaikan atau pemulihan kembali atas kerugian atau kerusakan bangunan yang dipertanggungkan.

Kecelakaan bangunan, memberikan jaminan atas kerugian yang disebabkan oleh benturan fisik terhadap bangunan yang diakibatkan oleh pohon dan atau bangunan tetangga. Polis ini tidak memberikan perlindungan terhadap kecelakaan bangunan karena angin topan dan badai. Ada juga asuransi bangunan khusus untuk kerusakan akibat topan dan badai.

Biaya profesional, memberikan penggantian biaya arsitek, surveyor dan konsultan manajemen bangunan untuk perencanaan, spesifikasi, kuantitas, penawaran dan pengawasan yang perlu dalam pembangunan kembali. Tidak termasuk biaya-biaya dalam mempersiapkan klaim.
Biaya pembersihan puing, memberikan penggantian biaya pembersihan dan pembongkaran puing atas hancurnya/rusaknya bangunan dan barang- barang yang dijamin di dalam polis ini.

Cara Kerja Asuransi Rumah

Cara kerja asuransi rumah tinggal. Contoh:  Pak Ronald memiliki sebuah rumah dengan luas bangunan 200 meter persegi, dengan nilai pertanggungan rumah sebesar Rp 1.000.000.000.
Nilai pertanggungan akan didapatkan dengan cara, menjumlahkan:

Menghitung biaya pembangunan kembali

Aset yang didaftarkan dan dipertanggungkan dalam asuransi rumah

Contoh

Biaya pembangunan kembali = 200 meter persegi x Rp 4.000.000 per meter = Rp 800.000.000

Aset yang didaftarkan = Rp 200.000.000

Total = Rp 800.000.000 + Rp 200.000.000 = Rp 1.000.000.000

Setelah mendapatkan nilai pertanggungan, maka premi yang harus Anda bayarkan adalah = rate premi asuransi rumah tinggal x uang pertanggungan. Contoh :

Rate premi asuransi rumah tinggal = 0,15%

Uang pertanggungan Rp 1.000.000.000

Premi asuransi = 0,15% x Rp 1.000.000.000 = Rp 1.500.000 per tahun

Catatan rate premi disesuaikan oleh masing-masing perusahaan asuransi, bergantung pada tujuan penggunaan bangunan, lokasi, kota dan lain sebagainya.

Tips Saat Memilih Asuransi Rumah

Berikut ini 5 tips yang dapat Anda terapkan saat membeli asuransi rumah tinggal:

  • Kenali Kebutuhan Anda, apakah cukup dengan asuransi kebakaran atau asuransi property all risk.
  • Sesuaikan dengan Budget atau anggaran asuransi yang Anda miliki.
  • Jangan malas untuk melakukan perbandingan beberapa produk asuransi rumah tinggal dari beberapa perusahaan asuransi.
  • Baca lagi : apa saja cakupan perlindungan (manfaat), definisi manfaat, apa saja yang menyebabkan polis batal, serta apa saja yang tidak diproteksi.
  •  Ketahui proses klaim, di awal dan simpan nomor-nomor penting terkait proses pengajuan klaim di handphone Anda.

Semoga penjelasan mengenai asuransi rumah di atas tadi dapat memberikan manfaat kepada kita yang membacanya.

Post a Comment

0 Comments