BYD M6: Pesaing Innova dengan Tenaga Listrik

Di era perkembangan kendaraan listrik, mobil listrik BYD menjadi pelopor dalam inovasi teknologi di dalam dunia industri otomotif. BYD fokus pada kemajuan teknologi baterai dan sistem penggerak untuk mengembangkan produk kendaraan listrik yang tidak hanya efisien tetapi juga canggih.

Salah satu keluaran mobil listrik BYD yang terbaru yaitu BYD M6, mobjl MPV elektrik yang tengah ranai diperbincangkan di dunia otomotif. Banyak orang yang mulai tertarik dengan mobil ini sejak diumumkan di GIIAS kemarin.

BYD M6

Di dalam artikel kali ini kita akan membahas beberapa kesan berkendara, kenyamanan dan performa  MPV elektrik ini.

Kesan dan Detail Mendalam Mobil Listrik BYD M6

Di bagian ini, kita langsung saja akan beberapa detail dan kesan di mobil BYD M6 ini,diantaranya yaitu desain, interior, performa berkendara, dan fitur-fiturnya.

1.    Desain dan Eksterior

Pada bagian pertama ini, mari kita lihat  sisi desainnya. BYD M6 menampilkan desain wajah naga khas BYD. Memiliki desain yang berkesan agresif dan futuristik dengan bentuk depan terinspirasi dari naga dan lampu LED yang tajam di  ujungnya. Fitur desain lainnya antara lain kamera 360 derajat yang dipasang pada kamera depan dan kaca spion, serta kaca panoramik pada bagian atap yang memberikan kesan luas.

Di bagian belakangnya pun juga tak kalah menarik, dengan lampu LED, defogger, dan wiper  lengkap. Empat sensor parkir belakang dan fitur ADAS (Advance Driver Assistant System) seperti peringatan lintas lalu lintas dan pengereman otomatis meningkatkan keselamatan saat mundur.  Ini merupakan fitur penting yang meningkatkan keselamatan saat parkir mundur.

2.    Interior dan Kenyamanan

Mari kita lihat lebih dalam bagian interior dari BYD M6 ini. Interior MPV ini mengutamakan kenyamanan. 

Di baris kedua, jok Captain Seat terpisah dengan sandaran tangan memberikan lebih banyak ruang  dan kenyamanan. Meski  bagian tengah lantainya agak tinggi, namun terdapat banyak ruang untuk kaki sehingga Anda tetap nyaman.

Di baris ketiga memang tidak memiliki ruang sebanyak baris kedua, namun masih banyak ruang untuk orang dewasa. Jok  baris ketiga  sedikit lebih tipis dibandingkan  baris kedua, namun tetap cukup nyaman. AC  belakang  membuat perjalanan Anda semakin nyaman dengan kisi-kisi AC bagian atas dan kompartemen kecil di bagian bawah.

Fitur praktis seperti port USB Type-A dan Type-C untuk pengisian daya dan seat pocket yang cukup besar juga meningkatkan kenyamanan. Meski tak bisa mengisi daya di baris ketiga, kalian juga tetap bisa menikmati kenyamanan berkendara dengan fasilitas lengkap.

3.    Performa yang Diberikan dan Pengalaman Berkendara

Bagian berikutnya tentang performa yang diberikan serta pengalaman berkendara.

Berdasarkan pengetesan dengan menggunakan mobil ini, dalam perjalanan dari Jakarta menuju Bandung, ia melewati Tol Cikampek dan turun di gerbang Tol Subang. Dari Subang, kemudian melanjutkan perjalanan melalui jalur Lembang yang berbukit dan berkelok-kelok.

M6 ini menggunakan motor listrik yang sama dengan BYD Dolphin dan ATTO 3, yang menghasilkan tenaga 150 kW (sekitar 201 DK) dan torsi 310 Nm. Meski berstatus MPV, namun performanya cukup memadai. Setelah dilakukan pengujian mode berkendara Sport, Eco, dan normal.  Mode Sport memastikan akselerasi  responsif, sedangkan mode Eco memungkinkan penggunaan energi lebih efisien.

Selain itu, terdapat  mode Regenerative Braking yang dapat diatur antara standar dan lebih besar. Regenerative Braking ini membantu  mengisi ulang baterai saat mengerem, yang sangat berguna dalam perjalanan jauh seperti ini. Kapasitas baterai BYD M6  mencapai 71,8 kWh, menjamin jarak tempuh yang cukup jauh kurang lebih 530 km berdasarkan standar NEDC.

Saat dilakukan pengetesan diatas tadi, tingkat baterai turun dari 100%  menjadi 64% setelah berkendara sekitar 170 km. Hal ini terutama disebabkan oleh banyaknya tanjakan.  Namun, saat berkendara menuruni bukit, Regenerative Braking meningkatkan efisiensi baterai.

4.    Fitur dan Teknologi yang Ditawarkan

BYD M6 dilengkapi dengan berbagai fitur teknologi yang memudahkan berkendara. Fitur-fitur seperti Adaptive Cruise Control, Forward Collision Warning, Blind Spot Monitoring, dan Rear Cross Traffic Alert menjadi meningkatkan kenyamanan dan keselamatan. Fitur ADAS ini juga sangat membantu dalam menjaga keselamatan saat berkendara, terutama di jalanan ramai atau berkelok-kelok.

Panel instrumen  BYD M6 terdiri dari speedometer analog dan layar TFT yang menampilkan informasi penting seperti konsumsi daya. Meski tombol fisiknya sedikit, mobil ini juga dilengkapi  layar sentuh untuk mengontrol berbagai fungsi. Dengan Kehadiran tombol fisik tersebut memudahkan pengaturan tanpa harus  sering berpindah ke layar sentuh.

Kekurangan BYD M6 

Setelah dilakukannya pengetesan tadi, ternyata juga menemukan beberapa kekurangan yang dirasakan, yang diantaranya pedal yang tidak aergonomis dan kalibrasi ADAS nya yang perlu diperbaiki.

1.    Desain Pedal yang Tidak Ergonomis

Salah satu kekurangan yang ditemui adalah desain pedal rem dan gas yang tidak ergonomis. 

Jarak antara pedal gas dan rem yang jauh membuat pengoperasian menjadi tidak nyaman, terutama bagi pengemudi dengan ukuran kaki normal. 

Hal ini dapat mempengaruhi kenyamanan  dan keselamatan berkendara, apalagi jika tidak diatur dengan benar.

2.    Kalibrasi ADAS yang Perlu Diperbaiki

Advanced Driver Assistance System (ADAS) BYD M6 ini juga memiliki beberapa kelemahan. Pengereman darurat aktif bisa jadi terlalu sensitif dan mungkin mengerem secara tiba-tiba saat Anda tidak membutuhkannya.

Hal ini dapat mengejutkan pengemudi dan penumpang. Dengan kekurangan ini, berharap BYD dapat meningkatkan kalibrasi sistem ini dan dapat lebih beradaptasi dengan kondisi lalu lintas  Indonesia.

Kesimpulan

Mobil listrik BYD M6 merupakan MPV elektrik yang memadukan desain futuristik, kenyamanan, dan performa ramping. Dengan kapasitas baterai yang besar dan fitur ADAS yang luas, M6 cocok untuk perjalanan jarak jauh maupun penggunaan sehari-hari. Dengan harga mulai dari Rp 429 jutaan untuk versi teratas, M6 menawarkan value for money yang sangat baik untuk sebuah MPV elektrik.

M6 ini tidak hanya menawarkan kenyamanan dan fitur-fitur canggih, tetapi juga performa yang mengesankan. Baik untuk perjalanan keluarga atau penggunaan sehari-hari, BYD M6 merupakan pilihan menarik di pasar kendaraan listrik. Namun, dibalik semua kesan itu, ada tersimpan sedikit saja kekurangannya yang diantaranya yaitu letak pedal yang tidak ergonomis dan ADAS yang masih perlu diperbaiki. Sebagian orang mungkin tidak memperdulikan kekurangan itu, namun sebagian lagi juga sangat memperdulikan itu.

Post a Comment

0 Comments