Traveloka Kembangkan Talenta Digital melalui "Magang"

Traveloka Kembangkan Talenta Digital melalui "Magang"
Ilustrasi.
BorneoTribun Jakarta - Platform lifestyle Traveloka menghadirkan dua program bagi para digital talent di perguruan tinggi, yaitu Traveloka Certified Apprenticeship atau Program Magang Traveloka dan Program Bangkit Kampus.

Program ini merupakan kerjasama dan bentuk dukungan penuh Traveloka terhadap inisiatif pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia di bawah payung Program Kampus Merdeka untuk mengembangkan kualitas bakat mahasiswa.

di Indonesia dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk terjun langsung ke lapangan. dunia kerja.

Program Magang Traveloka

“Melalui Traveloka Internship Program, kami memberikan kesempatan untuk berlatih dan menyelesaikan proyek-proyek yang relevan dengan konteks bisnis saat ini… kami percaya bahwa pengalaman dan pendampingan, khususnya di divisi teknologi di Traveloka, dapat membantu meningkatkan potensi digital para pekerja magang melalui pemikiran dan ide inovatif," kata Ellen Tuwaidan, Chief People Operations Traveloka, dalam keterangannya, Rabu.

Program Magang Traveloka berlangsung selama lima bulan dengan memenuhi sebanyak 20 sks bagi mahasiswa yang berada di tahun terakhir studi. Pada gelombang ketiga yang berlangsung dari 16 Agustus hingga 31 Desember 2022, Traveloka membuka kesempatan untuk program magang di beberapa bidang seperti android engineer, backend engineer, brand activation, business operation, cloud infra, content & social media marketing, data analyst , insinyur data, insinyur DevOps, platform branding perusahaan, peningkatan proses bisnis SDM, dan insinyur iOS.

Sejauh ini, ada 12.607 siswa yang telah mendaftar dan 52 di antaranya telah mengikuti program ini. Magang berkesempatan untuk bereksplorasi sesuai minatnya dan terlibat dalam proyek nyata dengan bimbingan dan pendampingan dari tim Teknologi, Produk, People Operations, dan Marketing Traveloka.

Mereka juga berkesempatan untuk bergabung sebagai karyawan Traveloka setelah program berakhir. Pada pelaksanaan gelombang pertama pada tahun 2021, sebanyak 8.000 mahasiswa telah mengikuti Program Magang Traveloka dengan 47 diantaranya bergabung, dan sebanyak 22 mahasiswa berkesempatan bergabung dengan Traveloka sebagai karyawan tetap.

Program Bangkit Kampus

Bersama mitra lainnya, Traveloka juga mengadakan pelatihan bagi 3.000 developer muda dari seluruh Indonesia melalui Program Bangkit Kampus.

Dalam program ini, pengembang mahasiswa muda mendapatkan akses untuk belajar dan menerapkan keterampilan penting untuk bekerja di perusahaan teknologi, belajar dari pakar dan praktisi industri terbaru, persiapan dan voucher untuk ujian sertifikasi AAD/ACE/Tensorflow, serta kesempatan untuk dapatkan hingga 20 Kredit Studi Universitas.

Pada tahun 2022, Program Bangkit akan kembali membuka kesempatan bagi 3.000 developer muda Indonesia untuk mengikuti pelatihan ini, sehingga dapat menjadi bagian dari generasi terbaik Indonesia di masa depan.

Tingginya potensi ekonomi digital Indonesia menuntut kebutuhan talenta digital yang besar. Pemerintah telah menyatakan menyambut baik era revolusi industri 4.0, di mana Indonesia membutuhkan sekitar 9 juta talenta digital hingga 2030 seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan investasi yang terus tumbuh di sektor ini.

Survei Ernst & Young tahun 2021 berjudul “How business and education can help Gen Z reframe the future” menunjukkan bahwa 85 persen Gen Z yakin dengan kemampuannya dalam menggunakan teknologi, namun, hampir 60 persen dari mereka mengharapkan pembelajaran melalui pengalaman dalam penerapan teknologi. pengetahuan dan kebutuhan. dari peran mentor.

Kebutuhan peningkatan keterampilan digital sesuai dengan kebutuhan terkini diyakini masih dibutuhkan karena minimnya pembelajaran di perguruan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Untuk mencapai keselarasan kualitas sumber daya manusia dengan kebutuhan dunia kerja, diperlukan peran industri untuk memberikan pengalaman keterampilan digital terkini kepada talenta digital muda. Sebagai perusahaan berbasis teknologi, Traveloka menghadirkan Traveloka Internship Program yang merupakan program pengalaman belajar berbasis karir.

(IN/SEMUT)
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini