Tahun 2025 Setidaknya Ada 100.000 Pekerja Akan Diciptakan Untuk Pilot Drone

Tahun 2025 Setidaknya Ada 100.000 Pekerja Akan Diciptakan Untuk Pilot Drone
Drone. (Foto Pixabay)
BorneoTribun Jakarta - Mereka yang ingin berkarir sebagai pilot drone profesional perlu mengikuti pelatihan dan memiliki sertifikat pilot drone, kata CEO Terra Drone Indonesia Michael Wishnu Wardana.

Dia seperti dikutip dari siaran pers, Rabu, mengatakan pelatihan drone akan mengajarkan calon pilot secara lengkap tentang peraturan, pengetahuan dasar dan lanjutan pilot dan pesawat, mitigasi risiko hingga perizinan.

Untuk mendapatkannya, calon pilot dapat mengikuti pelatihan yang telah diakui oleh Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).

Ilustrasi seorang pria mengoperasikan drone. (Foto Pixabay)
Jika mengikuti pelatihan dan dinyatakan lulus, maka peserta akan mendapatkan Sertifikat Remote Pilot langsung dari DKPPU.

“Perusahaan industri membutuhkan orang dengan sertifikat pilot drone komersial yang dikeluarkan oleh DKPPU,” kata Michael.

Selanjutnya, pilot perlu mempelajari banyak jenis drone. Ini menjadi peluang untuk mencoba dan menentukan jenis drone dan di bidang mana yang paling cocok.

“Dengan mempelajari dan menguasai banyak jenis drone, juga membuka peluang lebih besar bagi Anda untuk berkarir di berbagai bidang sebagai pilot drone,” ujar Michael.

Drone. (Foto Pixabay)
Tips selanjutnya, berlatihlah di area yang berbeda. Menurut Michael, menerbangkan drone di daerah pegunungan dan pesisir memiliki tantangan yang berbeda.

Arah angin dan medan di sekitar lokasi akan memudahkan pilot untuk menganalisis strategi apa yang paling tepat untuk menerbangkan drone dengan aman.

Perbedaan kawasan pemukiman dan industri juga akan membuat mereka berpikir lebih kritis untuk bisa melakukan mitigasi.

Michael mengatakan, mempelajari manajemen penerbangan drone juga sangat penting dan harus dilakukan selama penerbangan drone.

Plit drone juga perlu meningkatkan relasi antar pilot agar lebih mudah mendapatkan karir pilot drone. Upaya menjalin silaturahmi dengan sesama pilot drone dapat dilakukan dengan mencari komunitas drone di lingkungan terdekat.

Cara lainnya adalah dengan mengikuti pelatihan drone untuk membangun relasi dengan sesama peserta dan instruktur.

Selanjutnya, branding kemampuan sebagai pilot drone. Pilot drone dapat memanfaatkan penyebaran media sebagai bagian dari personal branding serta latihan.

Drone. (Foto Pixabay)
Asosiasi Internasional untuk Sistem Kendaraan Tak Berawak memperkirakan bahwa pada tahun 2025, setidaknya 100.000 pekerjaan akan diciptakan untuk pilot drone.

Teknologi drone dikatakan mampu membantu banyak aktivitas manusia dan industri menjadi lebih efisien.

Semakin banyak industri seperti industri perkebunan, konstruksi pertambangan, migas, dan pemetaan, mulai menggunakan drone untuk aktivitas sehari-hari mereka.

(LWS/SEMUT)
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini