Gadget Game Aplikasi Otomotif Laptop Handphone Internet Kamera Tips

Cara Membuat Blog Anda Menjadi Google News (10 Tips)

Cara Membuat Blog Anda Menjadi Google News (10 Tips)
image google.

BorneoTribun.com - Tahukah Anda bahwa blog dan situs web non-surat kabar lainnya dapat dicantumkan di Google Warta? Blogger cerdas dan pemilik situs web telah menggunakannya untuk mendapatkan lalu lintas bertarget ke blog mereka, dan Anda juga bisa.

Google Warta menautkan ke situs dan blog yang menerbitkan artikel topikal dan tepat waktu tentang berbagai topik. Anda tidak harus menjadi situs berita untuk terdaftar di dalamnya, tetapi Anda perlu mempublikasikan konten yang layak diberitakan secara teratur.

Jika blog atau situs Anda menerbitkan artikel industri terkemuka, dan Anda berada di garis depan informasi yang menarik bagi orang-orang secara tepat waktu, Google menganggap Anda sebagai penerbit berita. Yang berarti Anda bisa membuat blog Anda terdaftar di Google News.

Untuk mendapatkan bagian Anda dari miliaran klik yang didapat artikel ini, Anda harus tahu cara mengirimkan blog Anda ke Google Warta. Anda juga perlu mengetahui cara agar postingan Anda diindeks oleh perayap peta situs mereka dan diberi peringkat di Google Berita.

Itulah sebabnya kami mengumpulkan 10 kiat teratas untuk mengoptimalkan blog Anda dan membuat konten berkualitas tinggi yang diterbitkan Google Berita.

Siap? Ini dia.

Mengirimkan Blog Anda ke Google Berita


Menurut situs web Google, ada dua langkah untuk mengirimkan konten ke Google News.

  1. Daftar ke Publisher Center dan tambahkan blog Anda sebagai publikasi.
  2. Publikasikan konten berkualitas tinggi yang mematuhi kebijakan konten Google Berita.

Sebagai publikasi di Google Berita, Anda dapat mengimpor konten, mengelola akses, dan mengoptimalkan cara konten Anda ditampilkan dan dikirimkan ke pengguna. Untuk semua detail tentang cara mengirimkan blog Anda sebagai penerbit ke Google News, baca posting ini. Saat pertama kali mengirimkan blog Anda ke Google Warta, diperlukan waktu 2-4 minggu untuk meninjau konten Anda dan membuatnya tersedia untuk dikonsumsi oleh pembaca.

Untuk memastikan blog Anda diterima dan postingan Anda muncul sebagai item berita di Google Berita, Anda harus memastikan bahwa Anda mempublikasikan konten berkualitas tinggi yang memenuhi atau melampaui kebijakan konten Google. 

Kami telah mengumpulkan 10 tips teratas yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan blog dan konten Anda sehingga mereka tidak dapat menolaknya.

Mempersiapkan Blog Anda Untuk Google Warta


Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat konten berkualitas tinggi yang diambil oleh Google Berita setiap kali Anda memublikasikannya.

1. Ketahui dan Ikuti Pedoman Google

Sama seperti mesin telusur biasa mereka, Google News menggunakan algoritme untuk merayapi konten berita. Untuk membantunya menentukan halaman mana dari blog Anda yang merupakan artikel dan menghindari blog Anda ditolak karena Anda tidak mengikuti aturan, pastikan blog tersebut memenuhi kebijakan konten Google Berita.

Misalnya, konten blog Anda harus:

  • Jadilah konten asli
  • Berikan tanggal yang tepat, byline, bios penulis, informasi tentang situs Anda, dan informasi kontak
  • Selalu ungkapkan iklan dan konten bersponsor
  • Tidak melanggar hak cipta atau kekayaan intelektual siapa pun
  • Tidak mengandung konten sensitif atau kebencian
  • Hindari skema tautan, malware, virus, atau perangkat lunak berbahaya lainnya yang menghasilkan lalu lintas, konten, atau perilaku tidak wajar lainnya

Pastikan konten blog Anda berharga dan disajikan dengan tulus dan objektif untuk menghindari pelanggaran kebijakan konten Google Berita.

2. Kembangkan Niche atau Topik Khusus untuk Konten Anda


Hal lain yang dicari Google News adalah sumber dengan sudut pandang yang unik. Ada begitu banyak situs yang sudah melaporkan dan menulis tentang topik atau berita umum. Situs niche dan blog yang memberikan informasi mendalam tentang area tertentu lebih mungkin untuk diindeks dan ditempatkan di bagian Berita Utama Google Berita.

Misalnya, blog tentang kebugaran umum tidak akan berhasil, tetapi blog tentang "kebugaran untuk orang yang menghabiskan banyak waktu di komputer" akan berhasil. Sebuah blog resep generik akan dilewati, tetapi "blog makanan untuk orang tua yang pemilih makanan" akan dipotong. Cobalah untuk membidik pada niche yang sempit untuk blog Anda untuk meningkatkan peluang Google News akan mengambil artikel Anda.

3. Tulis Judul Kaya Kata Kunci yang Mengkomunikasikan Sebuah Cerita


Untuk meningkatkan peluang Anda agar postingan blog Anda diambil oleh Google News, tulis judul dan tajuk blog yang lugas. Cerita yang menggunakan kata-kata yang sudah dikenal, menyampaikan pengertian tentang apa yang akan dipelajari pembaca, dan menghindari headline linkbait diangkat lebih sering.

Copyblogger melakukan ini dengan sangat baik dengan artikel mereka.


Berikut adalah beberapa tip untuk menulis judul berita yang layak untuk posting blog Anda:

  1. Sertakan kata kunci Anda.
  2. Jangan ulangi kata-kata di judul – Jika Anda telah mengoptimalkan postingan untuk SEO, tidak perlu mengulang kata kunci Anda beberapa kali di judul.
  3. Gunakan suara aktif – Saat menulis dengan suara aktif (“John membeli laptop”), Anda dapat mengatakan lebih banyak dengan lebih sedikit kata dan menarik perhatian pembaca Anda. Kalimat pasif selalu lebih panjang (“Laptop dibeli oleh John”) dan tidak menjelaskan apa yang terjadi.
  4. Menulis dalam present tense – Berita adalah semua tentang apa yang terjadi saat ini, bukan apa yang terjadi 5 menit yang lalu atau tahun lalu. Bahkan jika posting Anda berbicara tentang sesuatu di masa lalu, Anda harus menghubungkannya dengan masa kini dan mengapa itu relevan bagi pembaca.
  5. Kapitalisasi kata-kata yang tepat – Google News menampilkan tajuk utama yang menggunakan dua jenis aturan kapitalisasi: kasus judul dan kata pertama ditambah kapitalisasi kata benda yang tepat. Tidak masalah yang Anda gunakan, konsisten saja. Misalnya, di sini, Anda akan melihat beberapa contoh kedua jenis kapitalisasi di Google Berita. "The Actor Who Played a Major 'Scooby-Doo' Character Since 1969" menggunakan huruf besar/kecil, sedangkan "10 film superhero aneh terbaik yang bukan Marvel atau DC" hanya menggunakan huruf kapital untuk kata pertama dan semua kata benda.

4. Tulis Postingan Terkait Berita, Bukan Konten Evergreen


Sebagai seorang blogger, Anda biasanya ingin menulis konten yang selalu hijau sehingga orang dapat kembali lagi. Namun, ketika mencoba untuk diindeks oleh Google News, Anda ingin menulis posting yang layak diberitakan. Posting ini harus tepat waktu dan terkait dengan sesuatu yang terjadi saat ini. Jika tidak, Google tidak akan mengindeksnya.

5. Optimalkan Setiap Posting


Karena Google Berita memungkinkan pembaca menyesuaikan umpan mereka sehingga mereka hanya melihat konten dari kategori atau istilah pencarian pilihan mereka, Anda ingin memastikan blog Anda dan artikel yang Anda terbitkan dioptimalkan.

Beberapa tips yang perlu diingat adalah:

  • Tulis judul dan subjudul yang dapat dipindai.
  • Sertakan kata kunci dan frasa yang relevan dalam subjudul Anda.
  • Buat URL yang dapat dibaca untuk posting Anda. Misalnya. hapus instance "the" dan "and" dari URL.
  • Miliki URL statis dan unik untuk setiap posting.
  • Hindari ampersand dan simbol lain di URL.

6. Buat Peta Situs


Peta situs adalah halaman XML yang menguraikan struktur situs Anda dan mencantumkan semua halaman dan elemen penting di dalamnya. Mesin pencari menggunakannya untuk merayapi situs Anda dan memahami struktur situs Anda.

Untuk Google Warta, Anda memerlukan peta situs XML khusus berita, yang mencantumkan pos yang telah Anda terbitkan dalam 48 jam terakhir, hingga maksimum 1.000 artikel. Google akan melihat kedua peta situs saat merayapi situs web Anda, tetapi terutama menggunakan peta situs berita saat mempertimbangkan untuk menambahkan konten ke Google Berita. Buat peta situs Anda dengan mengikuti petunjuk langkah demi langkah Google atau gunakan plugin WordPress seperti All in One SEO.


Fitur peta situs berita All in One membuat peta situs berita Anda secara otomatis dan mengirimkannya ke Google Berita untuk Anda. Anda dapat memilih jenis kiriman mana yang akan disertakan dalam Peta Situs Google Warta Anda, termasuk jenis kiriman khusus apa pun yang mungkin Anda miliki.

7. Gunakan Kode Bersih


Itu selalu baik untuk memiliki kode bersih, sehingga blog Anda ditampilkan dengan benar, tetapi juga membantu dengan perayap situs Google Berita. Google Berita dapat mengindeks blog Anda dengan lebih efisien dan cepat jika Anda menghindari menempatkan kode tambahan di posting blog Anda, seperti blok iklan, artikel terkait, atau carousel video. Hindari bingkai atau format lain yang tidak dapat dibaca di postingan Anda. Konten dan kode sederhana berfungsi lebih baik untuk Google Berita.

8. Gunakan Pemformatan Konten yang Tepat


Jika posting Anda memiliki banyak gambar, video, dan infografis, perayap situs akan kesulitan mengindeks konten Anda. Perayap situs hanya dapat melihat kode dan teks, dan tidak dapat memahami konten yang telah Anda terbitkan. Pastikan untuk memformat konten Anda dengan cara yang dapat dipahami perayap, dengan tag yang tepat pada semua subjudul dan gambar, menambahkan tautan NOFOLLOW ke tautan yang tidak ingin Anda indeks, dan tag alt dan deskripsi pada semua gambar.

Jika Anda harus menyertakan multimedia dalam posting blog Anda, pastikan memiliki tag judul dan header yang menjelaskan tentang konten tersebut. Kemudian, tulis deskripsi gambar, video, atau media apa pun itu. Itu hanya tulisan blog yang bagus, tetapi juga membantu Google mengindeks posting dengan lebih mudah dan memberi Anda manfaat dari konten media.

9. Publikasikan Posting Setiap Hari


Postingan Anda tidak hanya harus tepat waktu, tetapi Anda juga harus menulisnya secara konsisten. Hanya menulis posting tepat waktu sesekali tidak akan memotongnya dengan Google Berita. Ingat peta situs berita yang disebutkan sebelumnya? Ini mencantumkan 1.000 posting terakhir yang Anda terbitkan di blog Anda. Ini berisi cap tanggal untuk setiap posting baru, jadi jika perayap situs tidak melihat tanggal terbaru di peta situs itu, itu akan berhenti merayapi situs Anda sesering mungkin dan tidak akan menyertakan posting Anda di Google Berita.

Bertujuan untuk menerbitkan setidaknya sekali sehari, tetapi idealnya dua kali sehari, setiap hari. Perayap situs Google akan kembali ke blog Anda lebih sering setelah melihat bahwa Anda menerbitkan setiap hari, memberikan konten Anda peluang yang lebih baik untuk dipilih untuk Google Warta.

10. Memiliki Banyak Penulis


Sebagian besar blog dimulai dengan satu orang yang menulis semua posting, tetapi seiring pertumbuhan Anda, Anda dapat menambahkan blogger tamu dan penulis lain ke situs. Dari perspektif Google Warta, banyak penulis mengangkat blog Anda di atas segalanya. Ini adalah sinyal halus bahwa situs Anda akan diperbarui secara berkala, berisi konten unik, dan menjadi sumber berita, bahkan jika Anda bukan majalah atau situs web online tradisional.

Blogger cerdas dan pemilik situs web telah mulai memanfaatkan Google News untuk lalu lintas bertarget dan visibilitas mesin telusur yang lebih baik. Tetapi untuk mendapatkan manfaat penuh dari Google Berita untuk blog Anda, Anda harus melakukan sedikit pekerjaan rumah.

Anda harus menulis konten berkualitas tinggi, menerbitkannya secara teratur, mengoptimalkan konten Anda, dan menambahkan peta situs berita ke situs Anda. Gunakan 10 tips ini sebagai daftar periksa untuk mempersiapkan blog Anda untuk Google News. Jika Anda melewati semua 10, Anda akan menikmati peningkatan lalu lintas yang bagus ke blog Anda dan membawa konten Anda ke audiens yang lebih luas.

Tinggalkan Komentar

Back Next
close