Gadget Game Aplikasi Otomotif Laptop Handphone Internet Kamera Tips

Kelebihan Android 12 Serta Fitur Yang Harus Kamu Tahu

 Kelebihan android 12


Kabar baik untuk pengguna android karena Google baru saja telah mengenalkan system operasi terbarunya yang diupdate yaitu Android 12. Tentunya pembaruan ini akan membawa os tersebut menjadi lebih baik dan tentunya mempunyai fitur yang lebih canggih.

Os terbaru ini di perkenalkan google dalam ajang tahunan yaitu Google I/O yang telah di gelar secara online. Os Android 12 akan membawa sejumlah fitur baru disisi desain serta fitur yang sebelumnya belum pernah ada pada Android 11. Dan berikut ini merupakan beberapa fitur terbaru serta kelebihan yang dimilikinya

Kelebihan Android 12

1. Mode Satu Tangan Yang Disempurnakan

Kelebihan android yang pertama yaitu pada fitur mode satu tangan. Pada versi android sebelumnya, fitur ini memang sudah disematkan. Namun pada update android 12 ini, mode satu tangan lebih disempurnakan.

Pada one-handed atau mode satu tangan terbaru ini, antar muka pada Android 12 akan mengecil secara vertikal kebagian bawah pada layar ponsel. Jika pengguna ingin kembali pada mode normal lagi, maka pengguna tinggal melakukan usapan atau swipe keatas atau bisa juga dengan cara mengetuknya pada bidang kosong diatas bilah one-handed yang sedang aktif.

2. Desain Baru Pada Notifikasi

Fitur terbaru andoid 12 yang kedua yaitu OS ini akan membawa perubahan dibagian desain notifikasi atau pemberitahuan. Google mengungkap hal ini di lakukan agar pemberitahuan atau notifikasi pada hp android menjadi lebih fungsional dan modern.

Google pun turut meningkatkan kinerja pada Android 12 agar membuat smartphone yang menjalankanya menjadi lebih responsif sehingga akan meningkatkan kenyamanan pengguna. Androud 12 dapat langsung masuk kedalam aplikasi ketik agar dapat langsung mengetuk notifikasi yang tampil.

3. Sharing koneksi WiFi lebih mudah Dan Canggih

Pada versi sebelumnya, jika pengguna ingin berbagi koneksi WiFi ke orang lain, pengguna diharuskan membuat sebuah kode QR terlebih dahulu. Namun pada Android 12 ini, pengguna hanya cukup melakukan penekanan pada opsi "Nearby" agar memunculkan kode QR secara langsung. Dengan hal tersebut, pengguna dapat mengirimkan sebuah kredensial WiFi pada siapapun yang ingin pengguna pilih.

4. Peningkatan Pada Fitur privasi

Pada android 12, Google memperbarui sejumlah fitur pada privasi kedalam aplikasi agar memberi penggunanya lebih banyak transparansi serta kontrol terhadap data-data pribadi mereka.

Selain itu, Adapun fitur "Privacy Dashboard" yang berfungsi memungkinkan pengguna bisa melihat sebuah informasi tentang seberapa banyak aplikasi yang sedang mengakses seperti kamera, lokasi serta mikrofon dalam waktu 24 jam terakhir.

Fitur inipun menawarkan pilihan untuk memberi izin untuk sementara atau bisa juga menolak izin sebuah aplikasi yang ingin melakukan akses data tertentu pada smartphone.

5. Fitur Material You

Dalam rangka ajang Google I/O tahun 2021, google meng konfirmasi bahwa design pada os Android 12 akan jadi sebuah perombakan visual terbesar yang akan di lakukan dalam beberapa tahun kedepan.

Os terbaru ini akan membawa pmbaruan desain yang lebih minimalis serta dilengkapi  dengan pilihan warna lebih bervariasi. Google juga menyebut bahasa desain baru pada Android 12 disebut sebagai " Material You ".

Dengan fitur material you ini, saat pengguna memilih sebuah wallpaper, maka nantinya sistem akan otomatis melakukan penyesuaian warna pada panel sesuai dengan warna dominan yang ada pada wallpaper terpilih.

Semisal ketika pengguna sedang menggunakan wallpaper berwarna hijau yang dominan seperti ilustrasi diatas, maka warna panel serta menupun akan ikut berubah menjadi warna hijau.

6. Desain Panel Baru

Kemudian, fitur Android 12 selanjutnya juga akan membawa tampilan yang baru pada menu Quick Tiles. Semisal ketika pengguna menggulir bilah notifikasi ke arah bawah, maka penguna kini akan menemui sebuah deretan menu yang berbentuk kotak, pada versi sebelumnya, menu ini berbentuk bulat pada Android 11.

Pada bilah menu pull-down, area notifikasi atau pemberitahuan juga tak akan lagi terlihat transparan, namun di ganti menjadi warna solid. Tentu saja, warna yang akan di tampilkan juga tergantung dengan tema yang sedang digunakan oleh pengguna.


7. Manajemen Pintar Penyimpanan Aplikasi


Pada fitur penyimpanan, Google telah menyertakan sebuah fitur App Hibernation pada Android 12. Fitur ini termasuk kategori didalam AOSP (Android Open Source Project) yang berarti ini akan otomatis memungkinkan sistem pada android 12 untuk memberi cache pada aplikasi yang telah di beri label “hibernasi”.

fitur baru ini bakalan sangat terasa bagi pengguna yang mempunyai perangkat dengan kapasitas memory yang minim atau terbatas. Dengan fitur tersebut, maka smartphone low end yang notanenya dibekali kapasitas minim akan jauh lebih maksimal saat ditenagai oleh os android 12 ini.

8. Fitur Rotasi Berbasis wajah

Fitur yang satu ini terbilang unik, sebab ketika pengguna memakai ponsel dalam mode lanskap, fitur ini akan secara otomatis menampilkan menampilkan sebuah konten pada layar mode yang sama. Hal ini bisa dilakukan berkat sensor gyro yang ada didalam ponsel.

Android 12 akan mengusung fitur rotasi otomatis dengan pemanfaatan wajah penggunanya untuk dapat menentukan mode mana diantara lanskap ataupun portrait yang lebih sesuai. Google menerangkan fitur satu ini tersedia eksklusif khusus smartphone Pixel. Tentu fitur ini memakai kamera depan agar dapat mengetahui posisi wajah penggunanya.


9. Kompatibel Pada Transcoding Media

Fakta bahwa HEVC selepas ini sangat populer dalam penggunaanya, standar untuk mengkompresi sebuah video, sejauh ini belum terdukung semua aplikasi. Nah di android versi ini diperkenalkan sebuah lapisan transcoding yang membuat aplikasi tidak di dukung untuk bisa memakai teknologi kompresi video itu.

Aplikasi video player yang tak mendukung HEVC saat ini bisa meminta Android 12 agar mengonversi nya ke dalam format AVC yang lebih mainstream. Fitur ini akan tersedia pada semua ponsel Android 12 serta dapat digunakan pada semua aplikasi pihak ketiga.

Nah itulah deretan fitur android 12 yang semakin canggih serta disempurnakan dengan pembaruan agar dapat bersaing pada dunia sistem operasi smartphone.

Tinggalkan Komentar

Back Next
close