Cara Hapus File Sampah Pada Laptop Tanpa Aplikasi

cara bersihkan file sampah tanpa aplikasi


File sampah merupakan file yang selalu ada pada sebuah perangkat yang salah satunya ada di komputer atau laptop. File tersebut sebenarnya harus kita hapus dari perangkat komputer yang kita miliki. Itu karena file sampah tersebut akan memenuhi ruang penyimpanan pada perangkat dan juga akan menambah kinerja sistem. Namun terkadang banyak dari kita yang mengabaikan hal tersebut, sehingga lambat laun akan menjadi masalah yang harus kita hadapi.


Baca Juga: Cara Mempercepat Windows 10 Agar Tidak Lemot


File sampah tersebut biasanya terdiri dari bekas file installasi, cache, folder kosong dan lain-lain yang jelas-jelas tidak perlu kita perlukan. untuk menghapus file tidak diperlukan tersebut, terkadang banyak yang menggunakan aplikasi pihak ketiga, namun kali ini the cadaz akan memberi tutorial cara agar tidak perlu menggunakan aplikasi, yaitu menggunakan fitur bawaan dari laptop yang kita miliki.


Cara Hapus File Sampah Tanpa Aplikasi Pada Laptop:


Pada Windows 10


untuk melakukan pembersihan sampah jika kamu menggunakan komputer dengan sistem operasi windows 10, ikuti cara seperti dibawah ini:

  1. silahkan kalian buka pencarian dan ketikan "Disk Cleanup"
  2. Lalu buka disk cleanup maka kalian akan dibawa ke pilihan drive C. Pada tahap ini, kalian dapat memilih drive mana yang akan dibersihkan
  3. Setelah kamu memilihnya, sekarang klik cleanup maka proses pembersihan akan dimulai dan silahkan tunggu hingga prosesnya selesai.


Pada Windows 7


Pada komputer yang menggunakan sistem operasi windows 7, maka cara melakukan nya sedikit berbeda dengan cara diatas. Untuk mengetahui caranya ikuti seperti dibawah ini


  1. Pertama Klik tombol Start
  2. Kemudian, pilihlah All Programs >Accessories >System Tools.
  3. Selanjutnya klik Disk Cleanup
  4. Lalu pilihlah dengan menentang jenis file sampah apa yang hendak dibersihkan kemudian klik Ok
  5. Klik pada pilihan Cleanup system files untuk membersihkan file sistem yang sudah tidak kamu butuhkan
  6. Jika muncul pop up "UAC" klik Delete Files

Itulah beberapa cara menghapus file sampah tanpa aplikasi di laptop atau perangkat komputer. Semoga artikel ini membantu untuk kalian yang membutuhkan.
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini