Mengenal Apa Itu Windows Bajakan Pada Komputer

Mengenal apa itu windows bajakan

Bagi sebagian orang pengguna komputer, mungkin banyak yang belum paham apa yang dimaksud dengan windows bajakan. Banyak yang bertanya, apakah windows bajakan itu palsu? Jawabanya adalan tidak. Dalam hal ini, bajakan yang dimaksud adalah melakukan insalasi dan aktifasi windows secara ilegal tanpa lisensi. Berikut penjelasanya.

Apa Itu Windows Bajakan ?

Windows bajakan merupakan sebuah cara penggunaan windows pada komputer yang didapatkan dengan menginstalasi tanpa melakukan aktifasi dengan lisensi resmi. Dengan kata lain, jika anda menggunakan windows bajakan berarti anda menggunakan windows tersebut tanpa membelinya dari microsoft.

Perlu anda ketahui bahwa sistem operasi windows pada komputer kita adalah buatan microsoft. Terkait hal tersebut, microsoft tidaklah memberikan windows tersebut untuk digunakan secara gratis pada komputer kita. Namun ada sebuah lisensi berupa kode unik seperti kode voucer untuk melakukan aktifasi agar sistem operasi yang kita gunakan menjadi resmi. Dan tentunya kode aktifasi tersebut dijual oleh microsoft.

Jadi penjelasanya windows bajakan anda tidaklah palsu, namun lisensinya lah yang dibajak agar dapat menggunakanya tanpa membeli kepada pembuatnya yaitu microsoft. Dengan anda menggunakan windows bajakan, berarti anda sama halnya dengan mencuri karya orang lain.

Mungkin sebagian orang tidak mengetahui bahwa windows yang digunakan pada komputer atau laptopnya itu bajakan. Itu karena sebagian dari kita menginstal komputer di tempat servis dan kita tidak tahu bahwa situkang servis tersebut melakukan pembajakan saat instalasi.

Baca Juga: Inilah Kekurangan Windows Bajakan Dan Bahayanya Untuk Komputer

Cara Agar Kita Mendapatkan Windows Original

Bila anda ingin windows yang original pada saat membeli atau install ulang sebuah komputer, lakukan cara ini agar sistem operasi anda legal.

  • Cara pertama adalah kita direkomendasikan untuk membeli komputer atau laptop baru yang sudah terinstall windows dari pabrikan.
  • Saat kita membeli komputer yang kosongan tanpa sistem operasi, mintalah pada tokonya agar diinstall windows yang original. Mungkin anda akan dimintai uang tambahan untuk hal ini.
  • Jika membeli laptop bekas, kita harus mengecek apakah sistem operasi yang tertanam bajakan atau original. Anda bisa membawa teman yang mengerti dalam hal ini untuk melakukan pengecekan.
  • Apabila kita akan melakukan instal ulang laptop kita ditukang servis, tanyakan kepada tukang servisnya apakah tersedia windows yang original disini? Jika jawabanya tidak, anda dapat menginstalnya ditempat servis lain.

Apakah Windows Bajakan Aman ?

Jawabanya adalah sangat tidak aman, sebab biasanya windows bajakan menggunakan sebuah file yang di injek kedalam sistem untuk melakukan pembajakan tersebut. Dan jika kita menggunakan yang bajakan, tentu kita tidak akan mendapatkan pembaruan keamanan yang diberikan oleh microsoft melalui windows update.

Dengan begitu, maka akan banyak akibat yang timbul pada komputer kita nantinya. Berikut beberapa akibat jika kita menggunakan sistem operasi bajakan pada komputer kita.

  • Sistem operasi kita tidak bisa diperbarui dan itu akan berpengaruh buruk seiring dengan perkembangan kita menggunakanya.
  • Dengan sistem operasi bajakan tentunya juga akan sangat mempengaruhi kinerja perangkat itu sendiri. Sebab akan ada banyak fitur dan layanan yang tidak bisa kita gunakan.
  • Resiko terserang virus karena kita tidak mendapatkan update keamanan secara berkala yang dapat diunduh secara gratis melalui windows update.
  • Tidak adanya technical atau bantuan suport dari microsoft jika nanti terjadi problem pada sistem yang kita gunakan.

Demikian penjalasan tentang apa yang dimaksud dengan windows bajakan. Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan untuk anda.
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini