Tentang Apa Itu Mobile Friendly Dan Manfaatnya Pada SEO


Beberapa tahun belakangan ini, rata-rata orang menggunakan perangkat mobile sebagai sarana berinternet, karena lebih praktis dan efisien juga bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Pada zamah dulu sebelum berkembangnya smartphone, jika kita akan membuka situs web menggunakan perangkat mobile, maka halaman situs itu akan menampilkan full site atau tampilan dekstop, sehingga bagi yang menggunakan perangkat mobile tentu akan kurang nyaman dengan tampilan itu. Harus zoom in dan zoom out layar ketika menelusuri sebuah halaman web karena sejatinya tampilan itu diciptakan untuk komputer.
maka dari itu diciptakanlah web mobile friendly.

Jadi, mobile friendly adalah sebuah fitur yang dimiliki sebuah website untuk secara cerdas mendeteksi dan kemudian mampu beradaptasi menampilkan konten halaman web sesuai ukuran layar suatu perangkat yang mengaksesnya. Jika situs web itu akses menggunakan perangkat komputer, maka tampilanya akan full site atau seperti tampilan situs THE CADAZ saat diakses dengan komputer anda saat ini.
Contoh gambar dibawah ini.


Jika diatas adalah tampilan full site, maka jika suatu situs telah memiliki fitur atau telah support mobile friendly, maka tampilanya akan secara cerdas beradaptasi menyesuaikan ukuran layar perangkat yang meng aksesya. Sebagai contoh, tampilan situs THE CADAZ saat diakses dengan smartphone anda saat ini.
contoh gambar dibawah ini.


Apakah semua situs web suport mobile friendly?
Tidak, tapi pada saat ini 90% situs web sudah diupdate oleh pemiliknya agar support mobile friendly. Selain nama mobile friendly, fitur ini juga sering disebut dengan web responsive.
Pada zaman sekarang, fitur ini harus wajib dimiliki oleh sebuah website karena pada masa ini, 80% orang meng akses internet menggunakan mobile, baik itu smartphone, tablet dan lainya. Namun, walaupun anda menggunakan smartphone, anda juga masih tetap bisa menampilkan halaman web versi PC, begitu juga sebaliknya, walaupun anda mengakses web menggunakan komputer, anda juga tetap masih bisa mengakses tampilan mobile friendly, semua itu tergantung fitur browser yang anda gunakan masing-masing.

Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini