Tentang Android Go dan Kelebihannya


Kabar baru telah datang kepada para pengguna Android di seluruh dunia. Kini google telah merilis sistem operasi terbaru yaitu Android 10 (Go Edition). Sistem operasi terbaru ini ditujukan untuk perangkat dengan spesifikasi terbatas. Seperti dilansir dari The Verge, Anroid 10 ini dibuat dengan adanya peningkatan keamanan dan juga kecepatan di dalamnya.

Apa Itu Android Go?

Android go merupakan sistem operasi baru yang di buat khusus untuk smartphone dengan spesifikasi pas pasan agar Os ini berjalan mulus pada perangkat tersebut. Dengan kata lain, sistem operasi android go ini ditunjukan untuk smartphone low end. Dengan os ini, tentu pengguna akan merasakan transisi aplikasi lebih cepat dan penggunaan memori yang lebih efisien walau spesifikasi ponselnya tergolong pas pasan.

Google merilis versi terbarunya ini dibuat 10 kali lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya. Disisi lain, sistem keamanan yang ada di dalamnya lebih terjamin, bila terjadi suatu masalah Anda tidak perlu terlalu khawatir soal keamanan sistem operasi Android 10 Go Edition ini.

Perusahaan google juga baru pertama kalinya menambahkan Adiantum khusus untuk Android Go ini. Standar enkripsi baru ini senagaja dibuat oleh google untuk pengguna perangkat kelas bawah. Sebelum itu, telah diperkenalkan sistem Adiantum pertama kali yang memiliki kemampuan lebih cepat 5 kali dari sistem enkripsi biasanya. Kebanyakan sistem enkripsi ini ada di perangkat Android.

Anroid Go di perkenalkan sejak tahun 2018 dimana sudah ada sekitar 1600 perangkat yang berasal dari 500 manufaktur yang terdiri dari 180 negara di dunia. 80 persen sistem operasi ini dapat ditemukan melalui entry level. Perangkat pertama yang menjalankan sistem Android Go dinyatakan sangat stabil dalam melakukan pengoperasianya.

Sistem operasi android Go ini juga merupakan sistem operasi terbaru setelah Android Q yang pola penanamannya sesuai dengan alfabetis Android. Seluruh model pixel yang ada di dalamnya akan mendapatkan pemutakhiran ke Android yaitu pada tanggal 3 September. Untuk model pixel pertama hingga 3a dapat menikmati sistem operasi Android 10. Selain itu, Anda juga bisa berkesempatan mendapatkan Essenthial Phone.

Menurut google, rekanan manufaktur akhir juga akan mendapatkan sistem operasi Android 10 pada akhir tahun ini. Meski begitu, belum ada informasi mengenai manufaktur atau model smartphone yang ditujukan. Hadirnya sistem operasi Android 10 ini terdapat beberapa peningkatan fitur, teknologi, sistem keamanan dan privasi, serta desain yang ada di dalamnya.

Apa kelebihan Android Go?

Namun ada satu fitur yang sangat mendukung yaitu fitur lipat, terdapat juga fitur navigasi yang berbasis gestur yang merupakan tampilan baru dan dapat menggunaan pengalaman smartphone menjadi lebih baik. Ada juga fitur Dark Mode yang merupakan salah satu fitur unggulan pada sistem operasi Android 10 (Go Edition). Fitur Dark mode ini nantinya akan merubah elemen putih menjadi warna abu-abu gelap.

Anda juga dapat menikmati beragam jenis tema yang lebih bervariasi, mulai dari pemilihan warna hijau UI, jenis huruf dan juga bentuk ikon. Untuk fitur screenshoot dapat mengikuti sesuai bentuk layar HP Anda. Lebih lagi ada fitur Emergency yang sangat mudah ditemukan bila dibanding sebelumnya. Disini Anda cukup menekan tombol power beberapa detik saja untuk memunculkan fitur emergency ini.
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini