Gadget Game Aplikasi Otomotif Laptop Handphone Internet Kamera Tips

Penyebab Channel Youtube Kena Dismonetisasi Tiba-Tiba

Monetisasi merupakan sebuah hal yang sangat berharga bagi para sebagian besar conten creator atau yang sering kita kenal dengan youtuber. Sebab tanpa adanya monetisasi, jerih payah yang telah dilakukan sebagai conten creator akan tidak membuahkan hasil. Disamping dari pada itu, ada juga para youtuber yang telah melakukan monetisasi pada channel youtube mereka namun tiba-tiba pihak youtube melakukan dismonetisasi atau menonaktifkan monetisasi pada channel mereka.

Penyebab chanel youtube dismonetisasi


Masalah dismonetisasi memang akan membuat kecewa bagi mereka yang memang mengandalkan penghasilan dari google adsense. Akan tetapi, masalah dismonetisasi tersebut bukan tanpa sebab. Ada hal-hal yang membuat channel pada youtube anda dilakukan penonaktifan, maka dari itu baiknya kamu simak hal apa saja yang membuat chanel kamu tidak lagi memenihi syarat untuk dapat domonetisasi.

Tidak Mendapatkan 4000 Jam Tayang Selama Satu Tahun

Perlu kamu tahu, persyaratan harus mempunyai 4000 jam tayang bukan hanya pada waktu akan mendaftarkan channel ke adsense. Namun, peraturan itu berlaku untuk selamanya termasuk pada saat channel kamu sudah diterima monetisasi. Jika dalam waktu satu tahun channel youtube kamu tidak mendapatkan target jam tayangan yang telah ditentukan, maka otomatis monetisasi pada channel kamu akan di nonaktifkan atau dismonetisasi.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka kamu harus benar benar melalukan optimasi pada channel kamu untuk mendapatkan banyak penonton dan tentunya jam tayang, entah itu dengan cara promosi ataupun melakukan unggahan video terbaru yang berkualitas.

Video Kamu Melanggar Kebijakan Pedoman Komunitas

Walaupun video kamu telah lama ada di youtube dan pada mulanya baik baik saja, namun itu tidak menutup kemungkinan suatu saat akan ketahuan atau dianggap melanggar pedoman komunitas yang ditentukan oleh pihak youtube. Itu karena sistem youtube yang semakin canggih dan bisa mendeteksi video yang dianggap melanggar secara otomatis. Jika itu tiba tiba terjadi pada salah satu video yang sebelumnya kamu unggah maka chanel kamu akan terkena strike.

Apabila status chanel kamu terkena strike, maka beberapa hari kemudian dipastikan monetisasi pada chanel kamu akan dinonaktifkan. Maka dari itu pastikan video yang kamu buat dan akan diunggah pada youtube telah benar benar mematuhi standar kominitas. Telitilah terlebih dahulu sebelum mengunggahnya pada channel youtube.

Video Kamu Tiba Tiba Terkena copyright Dari Pihak Lain

Ini merupakan hal yang sudah biasa terjadi pada kebanyakan channel youtube. Terkadang awalnya video tersebut aman, akan tetapi suatu hari ada sebuah klaim hak cipta dari pihak lain baik itu kesalahan sistem ataupun memang benar pemilik dari video tersebut yang melakukanya. Walaupun klaim tersebut ada keterangan tidak berpengaruh pada akun, namun dipastikan dismonetisasi akan segera menyusul.

Oleh karena itu, jangan sekali kali kamu menggunakan video orang lain walaupun telah kamu edit sedemikian rupa dan walau sekedar potongan pendek. Silakan ambil pengalaman dari channel besar, sebagai contoh channel calon sarjana dan ytcrash yang akhirnya terkena banned. Maka dari itu buatlah video yang original buatan kamu sendiri agar channel youtube kamu selalu aman dan terhindar dari dismonetisasi.

Membuat Konten Ngawur Atau Berita Bohong

Yang dimaksud konten ngawur ialah kamu membuat video yang tidak sesuai kenyataanya atau menyesatkan orang lain. Misalnya saja kamu membuat video kabar berita akan tetapi berita tersebut kamu buat dari hasil mengarang atau berita tersebut tidak ada dalam kenyataanya. Bisa juga kamu membuat konten tutorial, namun tutorial tersebut tidak benar adanya dan merugikan penonton saat mengikuti tutorial di video yang kamu upload.

Mungkin hal tersebut tidak jadi masalah saat kamu baru meng uploadnya. Akan tetapi lama kelamaan pasti pihak youtube akan mengetahuinya dan dipastikan chanel yang kamu miliki akan di dismonetisasi. Ingat pihak youtube tidak bodoh seperti yang kita fikirkan. Mereka senua adalah programer pilihan.

Pendapatan Youtube Setelah Dismonetisasi

Nah mungkin banyak orang yang bertanya bagaimana dampak dismonetusasi terhadap pembayaran atau estimasi pendapatan youtube mereka. Apakah saldo adsense dibayarkan saat chanel kena dismonetisasi? Jawabanya adalah tergantung situasi.

Situasi tersebut yaitu bergantung pada tanggal. Jika youtube kamu terkena dismonetisasi pada tanggal sebelum tanggal 1 dan sesudah tanggal 20, maka pembayaran adsense kamu tidak akan ditangguhkan bahkan estimasi pendapatan tidak akan masuk kedalam saldo adsense.

Berbeda dengan jika chanelmu terkena dismon setelah tanggal 30, maka estimasi pendapatan kamu akan masuk kedalam saldo adsense tanggal 10 - 15 dan pembayaran akan cair antara tanggal 20 - 25.

Nah itulah penjelasan mengapa channel youtube kesayangan kamu terkena dismon dan terdampaknya pada pembayaran adsense. Oleh karena itu, jagalah channel yang kamu miliki dengan cara mematuhi kebijakan yang ada pada platform youtube agar channel kamu semakin berkrmbang dan kelak kamu akan menjadi youtuber sukses.

Tinggalkan Komentar

Back Next
close