Cara Cegah Anak-Anak Memasang Aplikasi Sembarangan Di Play Store


Saat ini, penggunaan smartphone sudah menjamur baik itu dikalangan orang tua, remaja bahkan anak kecil sekalipun.
Melalui smartphone, Berbagai kontenpun bebas kita cari dari konten anak hingga konten yang tak pantas, baik itu dari web browser ataupun dari aplikasi yang dapat diunduh dari play store.
Jika begitu, apa jadinya jika anak kecil mengunduh aplikasi khusus orang dew@sa?

padahal di aplikasi tersebut terdapat konten kekerasan ataupun konten dengan unsur berbau prn0 yang tidak semestinya dilihat oleh anak-anak. Sebagai contoh instagram, youtube, tiktok dan lain-lain.

Pada kesempatan kali ini, THE CADAZ akan memberikan tips bagaimana agar play store tidak menyajikan aplikasi-aplikasi yang tidak semestinya anak kecil download walau anak tersebut telah mencari dikolom pencarian.
Namun sebelumnya perlu anda ketahui bahwa semakin berkembangnya teknologi, tips ini tidaklah 100% sempurna. Jadi akan lebih sempurna jika anda mengontrol langsung smartphone anak anda secara berkala.

Untuk mencegah play store menampilkan aplikasi dewas@ silahkan anda ikuti cara-caranya dibawah ini.

1. Pertama silahkan anda buka aplikasi play store, lalu anda klik setelan seperti gambar dibawah ini.

2. Kemudian anda klik kontrol orang tua.


3. Pada pengaturan standart, android telah otomatis menonaktifkan fitur ini. Anda tinggal mengaktifkanya dan jika anda baru pertama kalinya membuka fitur ini, maka anda akan diminta untuk membuat password.


4. Silahkan anda buat password terlebih dahulu.
Password ini dimaksudkan agar anak anda tidak bisa membuka dan menonaktifkan pengaturan ini nantinya.


5. Setelah membuat password, silahkan anda buka pada pilihan aplikasi dan game seperti gambar dibawah ini.



6. Jika telah terbuka, anda bisa melihat beberapa pilihan rating seperti gambar dibawah ini.
Rating 3+ adalah untuk anak usia sekitar 3 tahun , rating 7+ adalah untuk usia 7 tahunan, dan seterusnya.


7. Sebagai contoh, jika anak anda berumur 4 tahun silahkan anda pilih yang rating 3+ seperti gambar dibawah ini. Lalu klik simpan.


Sampai disini anda telah berhasil mengatur play store untuk tidak menampilkan aplikasi yang tidak seharusnya tampil untuk anak usia 4 tahun.
Gambar dibawah ini sebagai contoh jika anak anda mencari tiktok dikolom pencarian, maka play store tidak akan menampilkan aplikasi tiktok, dan jika anak anda mengetikan youtube dikolom pencarian, maka playstore justru akan menampilkan aplikasi youtube kids yang sejatinya didesain untuk anak-anak.



Perlu diperhatikan bahwa cara ini tidak 100% aman, karena selain mengakses konten dari aplikasi yang tersedia di playstore, anak-anak juga bisa mengakses konten melalui web browser. Untuk cara memblokir situs yang tidak diinginkan di browser web, saya akan membahasnya di artikel selanjutnya.
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini